Sabtu, 07 Maret 2015

Membuat aplikasi menggunakan SharpDevelop (SD)

PRAKTIKUM II

II. Dasar Teori

Sebuah aplikasi Windows dimulai dari sebuah object Form. Untuk membantu kita
dalam membuat aplikasi tersebut, Microsoft mengembangkan kumpulan library yang
diberi nama .NET Framework. Object yang digunakan dalam aplikasi Windows
disimpan di library dengan extensi .dll (dynamic linking library).
Ada dua kategori object yang digunakan oleh aplikasi Windows: Form dan Control.
Form adalah object berbentuk kotak yang muncul di sebagian/seluruh layar untuk
merepresentasikan sebuah aplikasi.
Form berbasis pada sebuah class dengan nama Form yang didefinisikan di
System.Windows.Forms dan terletak di System.Windows.Forms.dll. Setiap aplikasi
GUI (Graphical User Interface) yang akan kita buat nantinya akan dimulai dengan
sebuah Form. Untuk membuatnya, kita cukup membuat sebuah class yang mewarisi
dari class Form.

using System;
using System.Windows.Forms;
public class Exercise : Form
{
public static void Main()
{
Application.Run(new Exercise());
}
}

Setelah membuat Form, anda dapat menampilkannya ke layar dengan menggunakan
class Application, yang memiliki method untuk menjalankan aplikasi. Method ini
membutuhkan Form sebagai parameternya.
Kemudian kita dapat meletakkan object Control di Form tersebut. Control berfungsi
untuk mengendalikan jalannya program. Untuk dapat menggunakan Control, kita
harus tahu nama class dan dll-nya terlebih dahulu. Misalnya sebuah tombol, dia ada di
class Button, yang didefinisikan di System.Windows.Forms.dll.

using System;
using System.Windows.Forms;
public class Exercise : Form
{
private Button btnSubmit;
public Exercise()
{
btnSubmit = new Button();
Controls.Add(btnSubmit);
}
public static void Main()
{
Application.Run(new Exercise());
}
}

Untuk menambahkan Button atau Control lain ke Form, kita menggunakan method Add
yang ada di class Controls.

III. Praktikum

1. Set path Windows ke compiler anda.
2. Buka notepad. Ketikkan :

using System;
using System.Windows.Forms
namespace Mecha2015
{
public class IntroCsharp : Form
{
public static void Main() {
Application.Run(new IntroCsharp());
}
}
}

3. Setelah compile berhasil, jalankan aplikasi anda.
4. Amati hasilnya.
5. Menambahkan Control. Buka notepad. Ketikkan :

using System;
using System.Windows.Forms;
namespace Mecha2015
{
public class IntroCsharp : Form
{
private Button btnSubmit;
private void InitializeComponent()
{
btnSubmit = new Button();
Controls.Add(btnSubmit);
}
public IntroCsharp()
{
InitializeComponent();
}
public static void Main() {
Application.Run(new IntroCsharp());
}
}
}

6. Compile dan amati hasilnya.
7. Menambahkan Control lagi.

using System;
using System.Drawing;
using System.Windows.Forms;
namespace Mecha2015
{
public class IntroCsharp : Form
{
private Button btnSubmit;
private Label label1;
private void InitializeComponent()
{
btnSubmit = new Button();
btnSubmit.Location = new Point(100, 40);
label1 = new Label();
label1.Text = "halo";
Controls.Add(btnSubmit);
Controls.Add(label1);
}
public IntroCsharp()
{
InitializeComponent();
}
public static void Main() {
Application.Run(new IntroCsharp());
}
}
}

8. Compile dan amati hasilnya.
9. Jalankan SharpDevelop.
10.Buat project baru dengan cara meng-klik tombol "New Solution".
11. Pilih untuk membuat "Windows Application" dan beri nama project anda.
12.Anda akan memiliki program yang sama seperti apa yang anda telah pelajari.
Namun di sini, selain sudah dibuatkan template-nya, anda juga dapat
mengubah-ubah properties Form dan menambahkan Control secara visual
dengan meng-klik "Design".
13.Coba tambahkan object TextBox, Label dan Button. Kita akan membuat
aplikasi untuk menjumlahkan angka yang ada di TextBox. Ganti beberapa
Properties dengan nama yang sesuai. Kemudian klik ganda untuk object
Button.
14.Akan muncul method Event di source code kita. Tambahkan baris berikut:
double a, b, c;
a=Convert.ToDouble(textBox1.Text);
b=Convert.ToDouble(textBox2.Text);
c=a + b;
label1.Text = c.ToString();
15. Jalankan dengan menekan tombol Run.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar